LEDOK SAMBI, WISATA DESA ASRI JOGJA

Tugas Untuk Memenuhi Matakuliah Sosiologi Pariwisata


Oleh :

Yudha

D0310065

JURUSAN SOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

2012

A. Latar Belakang Masalah

Indonesia merupakan negara yang sangat berpotensi untuk pengembangan pariwisata dengan banyaknya potensi wisata alam dan wisata budaya yang ada. Sumber daya alam berupa hutan dengan segala isinya, daratan dengan segala bentuk dan gatranya, serta lautan dengan segala potensi dan perilakunya telah dimanfaatkan dan akan terus dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan.

Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk di dalamnya pengusahaan obyek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut. Sedangkan definisi wisata sendiri adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata (Pendit, 1994). Dapat dikatakan bahwa kegiatan pariwisata merupakan kegiatan lintas sektoral, sehingga dalam pengembangannya akan melibatkan sektor lain seperti pertanian, perhubungan, perdagangan dan jasa, industri dan lain-lain. Pengembangan sektor pariwisata akan memberikan pengaruh atau multiplier effect pada pengembangan sektor-sektor lain dan akan memberikan pengaruh pada pengembangan kondisi perekonomian masyarakat.

Dengan adanya perkembangan pariwisata yang semakin pesat akhir-akhir ini, maka timbul sebuah gagasan menjadikan desa menjadi sebuah tempat wisata yang bukan hanya asik untuk dikunjungi tetapi juga menyuguhkan sebuah konsep alam yang asri dan alami. Desa yang sekarang menjadi sebuah tempat wisata merupakan sebuah gagasan yang dapat dikatakan baru karena “kalah bersaing” dengan tempat-tempat wisata seperti pantai, candi, museum, kebun binatang, dan lain sebagainya yang itu semua sudah ada sejak lama, lain halnya dengan desa wisata.

Desa wisata Sambi, terletak di desa yang masih alami, yakni di jalan Kaliurang Km. 19,2 Dukuh sambi, desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten SLeman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah yang berada tidak jauh dari wisata kaliurang dan Gunung merapi ini menghadirkan nuansa desa yang berudara sejuk dan panorama alam yang sangat indah. Serta suasana alam pedesaan yang sangat kental dengan daerah persawahan , kejernihan air yang dan juga beberapa adat seperti joglo, limasan dengan halaman yang luas yang sering digunakan sebagai tempat bermain.

Dengan Kondisi tersebut potensi wisata yang ditawarkan desa wisata sambi sangatlah komplek. Beberapa potensi yang ditawarkan adalah panorama desa yang sangat menjadi daya tarik bagi wisatawan, disini wisatawan dapat menikmatinya dengan menyususri desa (tracking) dengan pemandu setempat. Desa wisata sambi juga menawarkan satu kegiatan outbond dengan mengambil  lokasi di Ledok Sambi tepatnya berada didekat Kali Kuning, salah satu wahana yang terbaru dari outbond  di Wisata desa Sambi ini adalah Flying fox 200 m melintasi kali kuning yang menjadi jalur lahar dingin merapi. Dibidang seni dan budaya didesa wisata Sambi ini tak kalah menariknya, berbagai macam kesenian rakyat dapat anda jumpai di tempat ini, diantaranya wayang kulit, karawitan jawa, uyon-uyon dan lain sebagainya yang tentunya berbasis pada kesenian tradisional.

Berdasarkan kondisi dan keunikan atraksi wisata yang ada di desa Sambi maka perlu dilakukan suatu studi atau tinjauan terhadap pengambangan obyek wisata fenomena alam yang ada di desa tersebut, sejauh mana perkembangan dan eksistensi desa wisata ini dimata wisatawan yang berkunjung kesana.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah mengenai wisata desa Ledok Sambi ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana masyarakat sekitar mengelola dan melestarikan suatu desa wisata tersebut menjadi sebuah desa wisata yang banyak dikenal masyarakat luas?
  2. Apa yang menyebabkan para wisatawan memilih desa wisata Ledok Sambi sebagai tempat rekreasi?
  3. Siapakah yang memprakarsai desa wisata Ledok Sambi ini menjadi sebuah tempat wisata alam?

Sumber :

http://yogyakarta.panduanwisata.com/daerah-istimewa-yogyakarta/desa-wisata-sambi-menikmati-alaminya-wilayah-pedesaan/

http://travel.detik.com/read/2012/06/27/125440/1952028/1025/5/5-desa-wisata-di-yogya-yang-wajib-anda-kunjungi